Monday, March 4, 2013

Sepakbola : Antara Olah Raga, Agama, Industri, dan Pertarungan Ideologi Politik

Oleh: M. Yasif Femi Mifthah*)
(Ketua Umum HMI Ilmu Budaya UGM 2010-2011)

Pendahuluan
Sepakbola adalah olahraga paling masyhur dan populer sejagad. Olah raga ini mempunyai penggemar paling banyak dibandingkan dengan olah raga lain. Para penggemarnya terdiri dari berbagai kalangan dan kelas sosial, dari anak-anak hingga orang dewasa, dari kelas buruh hingga bangsawan, dari rakyat jelata hingga presiden. Dulu sepak bola selalu melekat dengan predikat sebagai olah raga para kaum Adam, tapi dengan perkembangan zaman, olahraga ini juga populer dikalangan kaum Hawa. Ini terbukti dengan banyaknya anak-anak dan perempuan yang datang ke stadion-stadion untuk menyaksikan langsung pertandingan seapakbola. Bahkan pertandingan resmi sepakbola wanita juga telah terselenggarakan.
Sifat dasar permainan sepakbola yang yang guyub, penuh keceriaan dalam permainan, sangat cocok dengan sifat dasar alamiah manusia yang gemar bermain, sehingga membuat olahraga ini dimainkan disudut jagad raya. Semua orang dapat memainkan olahraga ini karena tidak membutuhkan banyak atribut dan peralatan, cukup dengan bola, semua orang dapat memainkannya, bahkan di kota-kota besar yang minim lahan atau arena lapangan olahraga, sepakbola tetap bisa dimainkan di pinggir-pinggir jalan dan disudut-sudut gang sempit.
Setiap ada event akbar penyelenggaraan pertandingan sepak bola seperti Piala dunia, Piala Eropa, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol dan Liga Champion Eropa, Euforia pertandingan selalu terasa ke seluruh saentro jagad raya. Para penggemar dan maniak sepak bola rela meluangkan waktunya demi menyaksikan dan mendukung tim favoritnya baik melalui siaran Televisi maupun dengan menyaksikan langsung di stadion. Di Indonesia sendiri, terutama di kota-kota besar, Cafe-cafe yang mengadakan acara “nonton bareng” ramai oleh kalangan muda-mudi yang ingin menyaksikan pertandingan tim kesayangannya. Di kampung-kampung terpencil pun fenomena-fenomena serupa juga terasa, para penduknya melakukan “nonton bareng” di warung-warung kopi dan di balai-balai desa. Tak jarang kita mendengar berita, baik di media cetak maupun elektronik bentrokan antar supporter atau pendukung tim sepakbola pasca pertandingan karena tidak terima dan kecewa karena kekalahan tim kesayangannya. Hujatan dan umpatan dari para supporter harus diterima oleh para pemain dan pelatih apabila timnya tidak mampu menang. Di sepak bola, pelatih sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap prestasi sebuah tim sepakbola, harus rela mundur atau dipecat dari kursi kepelatihannya sebagai konsekuensi dari kekalahan yang diderita sebuah timnya.
Mengutip tulisan Azyumardi Azra di harian Republika (18 Juni 2011) “ Terdapat lima hal pokok yang membuat sepak bola dapat disebut sebagai Civil Religion (Agama Sipil) bila dipadukan dengan kerangka teori Robert N Bellah. Pertama, adanya pemujaan yang berbau sakral, legenda, mitos dan bahkan takhayyul terhadap kesebelasan, pemain, pelatih, dan bahkan simbol-simbol tim tertentu. Kedua, adanya berbagai ketentuan yang telah mengalami “sakralisasi” sehingga tidak lagi bisa dipersoalkan. Ketiga, adanya lembaga dan orang-orang yang menjadi “the guardian of the faith”- penjaga keimanan- sejak dari FIFA, asosiasi atau federasi sepak bola negara sampai kepada wasit dan hakim garis yang tidak pernah bisa disalahkan dan seolah harus dipandang “ma’shum”(bebas dari dosa), meski jelas-jelas mereka keliru dalam mengambil keputusan. Keempat, adanya fanatisme buta, yang menyebabkan terjadinya kekerasan atas nama sepak bola, seperti terlihat dalam “hooliganisme”. Kelima, adanya sumpah dan janji setia pada tim sepak bola tertentu, lengkap dengan “lagu suci” semacam “We are the champion”
Begitulah fenomena sepakbola sebagai olahraga mampu menyihir penduduk dunia dan bisa dikatakan telah menjadi agama kedua penduduk dunia. Dalam sejarah dan perkembangannya sepakbola tidak hanya sekedar sebagai olahraga, tapi juga sebagai alat perjuangan dan pertarungan ideologi politik. Di zaman kapitalisme modern ini, sepakbola tidak lepas dari cengkarman hebat kapitalisme, sepakbola telah menjadi alat umtuk meraih gelontoran uang dan sapi perah para pengusaha dan pemilik modal dunia.

Sejarah Pertarungan dan rivalitas tim-tim besar dalam Sepakbola Eropa
Di dalam tim-tim sepakbola Eropa, kita sudah sering mendengarkan persaingan panas dan rivalitas antara satu tim dengan tim yang lainnya. Masing-masing tim tersebut memiliki basis massa pendukung fanatik. Sebut saja Supporter tim nasional Inggris yang terkenal dengan sebutan Hooligan, bahkan karena populernya kelompok supporter ini, setiap ada kekerasan atau bentrok antar pendukung tim sepakbola selalu diberi istilah dengan Hooliganisme. Kita sudah tidak asing lagi dengan negara-negara yang mempunyai tradisi hebat dalam sepakbola Eropa seperti Inggris, Jerman, Spanyol, Belanda, Prancis, Italia dan Portugal. Negara-negara tersebut mempunyai kompetisi Liga sepak bola domestik yang berada dalam peringkat teratas versi badan sepak bola dunia FIFA. Pertarungan antar pendukung tim sepak bola di Eropa tidak hanya sekedar pertarungan biasa, tapi pertarungan tersebut dilatarbelakangi oleh sejarah konflik masa lalu, baik konflik agama, ideologi, ekonomi, maupun konflik antar kelas. Di Inggris, rivalitas antara klub sepak bola Manchaster United dan Liverpool telah melegenda, aroma pertemuan kedua club bertajuk North West Derby selalu diwarnai aroma persaingan yang sangat keras, kedua pendukung tim sama-sama menganggap klub kesayangannya sebagai The King Of England. Liverpool mewakili tradisi kejayaan sepak bola Inggris, tim ini merajai inggris dan Eropa dalam kurun tahun 1970-1990. Kejayaan Liverpool mulai memudar dengan munculnya dominasi Manchester United yang merajai sepak bola Inggris mulai 1990-2011. Raihan gelar juara Liverpool di liga domestik sudah terlewati oleh Manchester United, bahkan kini gelar The King Of England telah digenggam oleh Manchester United. Pada masa-masa awalnya, rivalitas kedua club bermula dari persaingan kedua kota pada dalam bidang ekonomi era Revolusi Industri. Liverpool pada awal abad ke-19 dan 20 adalah pelabuhan penting di Inggris yang menjadi pusat perdagangan dan perbudakan. Manchester lebih sebagai kota Industri tekstil. Namun pembangunan kanal Manchester pada 1894 membuat kota tersebut mendapat akses ke laut sehinngga dapat mengimpor barang-barang tanpa melewati Liverpool. Faktor ini menjadi kebangkitan Manchester sebagai kekuatan ekonomi di North West, menyaingi Liverpool ( Bola:13-14 Oktober 2011).
Di spanyol rivalitas antara Real Madrid dan Bercelona juga merupakan sebuah legenda, tiap laga antara kedua club selalu di tonton oleh juataan pasangan mata diseluruh dunia. Pertemuan kedua club bertajuk El Classico ini selalu menjadi perhatian media-media Internasional. Aroma persaingan panas antara kedua pendukung fanatik klub ini juga tidak terlepas dari faktor perseteruan masa lalu kedua kubu. Barcelona yang berasal dari Catalunya yang pernah menjadi pusat kerajaan Aragon merupakan propinsi yang ingin memisahkan diri dari Spanyol, penduduk Catalunya tidak pernah merasa sebagai warga Spanyol. Pemerintahan Jenderal Franco dan pendukungnya yang berasal dari sayap kanan selalu menekan dan mengintimadasi penduduk Catalunya. Real Madrid sebagai klub ibukota dianggap sebagai anak kandung penguasa Spanyol dan mewakili suara penguasa saat itu. Ketika pertandingan kedua klub berlangsung, gemuruh suara pendukung Barcelona yang merupakan penduduk Catalunya bergema dengan teriakan anti Franco, karena ketika itulah satu-satunya moment dimana penduduk Catalunya menyuarakan aspirasinya ( Bolavaganza: No.117, Juli 2011).
Di Skotlandia persaingan pendukung dua tim, yaitu Glasgow Rangers dan Celtic lebih bersifat Sekterian tak kalah panas. Glasgow Rangers merepresentasikan agama Protestan dan Celtic representasi dari Katolik. Di Italia perseteruan antara kaum borjuis dan buruh juga ikut merembet ke sepakbola. klub sekota AS Roma dan Lazio selalu menampakkan aroma persaingan antara kedua kubu, kelas Borjuis merupakan pendukung Lazio dan Kelas Proletar merupakan pendukung AS Roma.

Politik dan Sepak Bola
Politik dan sepak bola adalah dua hal yang tak terpisahkan, namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sepak bola menjadi alat elit-elit politik untuk mempertahankan oligarki kekuasaannya. Di Italia kekuatan politik mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sepak bola. Di Italia ada ungkapan menarik yang menyebutkan bahwa, “Bila anda seorang politisi penting, ada peluang bahwa anda juga memiliki klub sepak bola. Anda mungkin juga berada di parlemen”. Kalimat-kalimat tersebut menggambarkan bagaimana para presiden klub sepak bola akan mudah mendapatkan kursi di parlemen Italia. Pemimpin fasis Italia II Duce Benitto Mussolini termasuk politisi yang memahami implikasi politik dari olahraga, Ia memanfaatkan sepak bola sebagai propaganda politik fasisme di Italia sebelum perang dunia II. (Bolavaganza: No.117, Juli 2011)
Perdana Menteri Italia yang juga merupakan presiden klub sepak bola AC Milan Silvio Berlusconi berhasil meraih kekuasaan politik sebagai Perdana Menteri Italia berkat kontribusinya yang besar pada AC Milan. Berlusconi secara terbuka mencampur adukkan sepak bola dan politik, ia memberi nama partai politiknya dengan Forza Italia, sebuah yel-yel yang sering diteriakkan oleh pendukung sepak bola dari tribun penonton yang berarti ‘Go Itali’ atau ‘Ayo Itali’ (Bolavaganza: No.117, Juli 2011).
Mantan pemimpin Libya Muammar Qaddafi sangat memahami kaitan antara politik dan sepak bola. Kekuatan uang Qaddafi yang berasal hasil dari gas alam dan minyak membuat Qaddafi kuat dan berkuasa. Dengan kekuatan uangnya, Qaddafi menjajah ekonomi Italia, salah satu negara G-8 dan Uni Eropa. Ia membeli saham perusahaan minyak Italia Eni S.p.A yang merupakan perusahaan terbesar di Italia. Selain itu Qaddafi juga mempunyai saham di Finmeccanica perusahaan terbesar kedua di Italia dalam bidang industri mesin, teknologi dan pesawat. Kedua perusahaan tersebut dikontrol langsung oleh LIA (Libyan Investmen Authority) yang diketuai secara bersama oleh Saif Al-Islam, Mu’tassim Billah dan Hannibal, tiga dari tujuh anak lelaki Qaddafi. Di sepak bola, sebelum tumbang dari kekuasaannya, Qaddafi pernah mengibarkan namanya di Italia, negara pemilik kompetisi sepak bola papan atas dunia. Ia dan keluarganya memiliki 7,5% saham di klub Juventus. Qaddafi sengaja ingin menancapkan kukunya di Italia, karena ia paham kultur Italia. Italia adalah negara yang pernah menjajah Libya sejak 1911 hingga 1940. Ia sangat mengidolakan pejuang Libya yang bernama Omar Mukhtar yang motor penggerak perjuangan Libya melawan penjajahan Italia dalam kurun 1912-1927. Qaddafi sangat memahami siapa Idris Al-Mahdi As-Sanusi, orang yang mempunyai andil dalam pembunuhan jutaan etnis Badui setelah diangkat oleh Italia sebagai Raja Idris I. Raja Idris II dan keturunannya ia tumbangkan dalam kudeta militer tak berdarah. Jadi bukan kebetulan jika Qaddafi memang sengaja ingin mencengkram ekonomi Italia (Bolavaganza: No.114, April 2011).
Pada November 2009 Aljazair dan Mesir hampir berperang karena pertandingan kualifikasi Worl Cup. Para pemimpin tertinggi badan sepak bola dunia hanya bisa diam tanpa melakukan tindakan apapun, disaat itulah Qaddafi tampil sebagai mediator untuk menengahi perselisihan kedua negara. Citra Qaddafi sebagai Raja diraja Afrika melambung tinggi, Qaddafi mengakui bahwa sepak bola adalah ajang politik (Bolavaganza: No.114, April 2011).
Kanselir Jerman sejak 2005 Angela Dorothea Merkel adalah symbol “kickerfieber” (demam bola) nomor satu di Jerman. Angela Merkel bersama para pemimpin Eropa lainnya seperti David Cameroon, Nicholas Sarkozy selalu tamapk di stadion ketika pertandingan tim nasional negaranya tengah bertanding di piala dunia 2010 di Afrika Selatan. Bahkan Angela Merkel tak segan-segan untuk menyelonong masuk ke ruang ganti pemain yang dipenuhi oleh para lelaki yang sedang bertelanjang dada demi memotivasi semangan pemain. Bagi mereka sepak bola juga merupakan simbol kekuatan sebuah negara (Bolavaganza: No.115, Mei 2011).
Di Indonesia sendiri Presiden Soekarno sangat sadar bahwa prestasi olah raga sangat penting demi menjaga nama besar negara, melalui politik mercusuarnya, Soekarno mendirikan stadion sepak bola termegah dizaman tersebut, stadion tersebut kita kenal dengan nama Stadion Gelora Bung Karno.
Setali tiga uang dengan para pemimpin dunia yang lain, kita bisa melihat bagaimana Idi Amin memerintahkan pelepasan dua orang tahanan politik untuk satu laga penting demi membela Tim Nasional Uganda. Pangeran Kuwait Sheikh Fahd Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah memerintahkan Tim Nasional Kuwait untuk walk out dari lapangan hijau sebagi bagian dari protes akibat merasa dicurangi wasit dalam pertandingan piala dunia 1982 melawan Prancis (Bolavaganza: No.115, Mei 2011).
Namun sepak bola tidak selalu mengenai hal-hal yang berbau rivalitas, di Pantai Gading, sepak bola telah menjadi obat pemersatu antara kelompok yang berkonflik. Konflik politik terjadi anatara penduduk wilayah selatan yang menganggap dirinya sebagai pribumi dan penduduk pendatang yang mendiami wilayah utara. Mayoritas pemain Tim Nasional Pantai Gading yang terdiri dari dari orang utara, namun mereka dapat bersatu dengan pemain dari selatatan demi Tim Nasional. Pada tahun 2005 Para pemain Pantai Gading tidak segan-segan turun ke jalan dan melakukan orasi politik demi menyatukan dua kelompok yang bertikai (Bolavaganza: No 118, Agustus 2011). Namun sayang, lima tahun setelah itu Pantai Gading kembali bergejolak, setelah komisi pemilu Pantai Gading memutuskan Allasane Outtara sebagai pemenang, dan penguasa lama Laurent Gbagbo menolak keputusan tersebut. Masing-masing pendukung kedua kubu kembali berperang.

Sepak Bola sebagai Industri
Teori Fukuyama tentang teori akhir sejarah yang mengatakan bahwa pertarungan ideologi telah usai dengan demokrasi liberal sebagai pemenangnya. Kemenangan demokrasi juga turut berimplikasi dengan berjayanya kapitalisme. Kapitalisme telah masuk ke berbagai dimensi di kehidupan manusia, termasuk dalam sepak bola. Sepak bola mempunyai penggemar yang banyak dan tersebar ke seluruh penjuru dunia. Klub-klub sepak bola Eropa, sebut saja Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, AC Milan, Inter Milan yang mempunyai basis pendukung di berbagai penjuru dunia adalah contoh klub-klub sepak bola yang meraup keuntungan dari banyaknya fans. Klub-klub sepak bola di Eropa telah menjadi industri yang menghasilkan pemasukakan uang berjuta-juta hingga miliaran dollar. Pemasukan-pemasukan tersebut didapat dari hasil penjualan tiket, sponsor, penjualan hak siar Televisi hingga hasil dari dari penjaualan cendra mata dan merchendaise klub.
Di Inggris, negara tempat lahirnya sepak bola, olahraga tak luput dari jeratan kapitalisme. Klub-klub sepak bola Inggris melebarkan sayap bisnisnya ke berbagai benua. Benua Asia merupakan sasaran yang paling banyak dituju, ini disebabkan karena benua Asia mempunyai penduduk terpadat di dunia, selain itu pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia juga sangat maju. Menurut harian Independendent Inggris yang di kutip oleh Majalah Bolavaganza (No.118, Agustus 2011) bahwa badan Liga Primer Inggris mengumumkan pendapatan mereka lewat penjaualan hak siar televisi dalam kurun 2007 hingga 2010 mencapai 627 juat Pound atau sekitar Rp 8,6 Triliun dan diperkirakan ada 201 negara di dunia yang menayangkan secara langsung pertandinagn liga Inggris. Dalam sepakbola modern klub-klub sepak bola mempunyai tiga tujuan utama, yaitu: juara, kemuliaan dan uang atau goal, glory, gold. Industri sepak bola merupakan bisnis yang sangat menggiurkan, hal ini membuat para konglomerat-konglomerat kaya menginvestasikan uangnya dengan membeli saham-saham di klub-klub besar Eropa. Roman Abramovich si raja minyak dari Rusia mengakusisi klub sepakbola Inggris Chelsea F C pada tahun 2004 dengan gelontoran uang ratusan juat poundsterling. Pada tahun 2005. Pengusaha keturunan Yahudi asal Amerika Serikat Malcom Glazer membeli seluruh saham Manchester United dengan harga ratusan juta pondsterling. Dan tak mau ketinggalan, pengusaha minyak asal UEA Syeikh Mansour Al-Nahyan yang merupakan keluarga penguasa Abu Dhabi membeli seluruh saham klub Manchester City.
Untuk mempertahakan status sebagai klub besar, klub-klub elit Eropa mengeluarkan uang dengan boros hingga ratusan miliar rupiah demi membeli pemain-pemain top dunia dengan gaji yang selangit. Kebiajakan klub-klub tersebut membuat klub terjerat hutang. Menurut data yang diliris oleh majalah Bolavaganza (No.119, September 2011), imbas dari krisis keuangan Eropa juga berdampak besar pada keuangan klub. Pada bulan Agustus 2011 sebelum kompetisi dimulai terjadi pemogokan pemain di Liga Italia dan Spanyol yang diakibatkan oleh pembayaran gaji yang telat. Kasus tersebut merupakan imbas krisis di benua biru yang mana Italia dan Spanyol juga merupakan negara yang termasuk dalam kategori mengkhawatirkan. Ketika sepak bola telah berubah menjadi sebuah industri untuk meraup kapital, maka krisis keuangan Eropa turut berimbas pada keuangan klub-klub sepakbola top Eropa yang juga merupakan klub-klub papan atas dunia. Uang merupakan senjata utama klub-klub tersebut untuk meraih goal and glory. Menarik untuk kita tunggu bagaimana klub-klub sepak bola papan atas Eropa dapat bertahan di tengah badai Krisis keuangan yang melanda kawasan Eropa.

Penutup
Sepak bola bukan sekedar olahraga yang dimainkan diatas lapangan oleh 22 pemain, akan tetapi sepak bola telah melahirkan dimensi-dimensi lain dalam sejarah kehidupan manusia. Bagi rakyat kecil penikmat Sepak bola, olah raga ini merupakan hiburan yang paling menarik. Bagi pendukung dan supporter fanatik tim sepak bola, permainan ini mewakili gengsi dan fanatisme sebuah kelompok. Bagi politisi, sepak bola merupakan alat propaganda untuk mencapai tujuan politik. Sedangkan bagi pemilik modal, sepak bola merupakan ladang untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Sepak bola tidak hanya sekedar sebagai olahraga, tapi juga sebagai alat perjuangan dan pertarungan ideologi politik. Dizaman kapitalisme modern ini, sepakbola tidak lepas dari cengkarman hebat kapitalisme, sepakbola telah menjadi alat umtuk meraih gelontoran uang dan sapi perah para pengusaha dan pemilik modal dunia.
*) Tulisan ini disampaikan dalam diskusi rutin mingguan HMI Komisariat ilmu Budaya UGM pada jum’at 23 Maret 2012

24 comments:

  1. PROMO MEMBER BARU 20%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man terhadap beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.pw/tag/tebak-shio/
    https://dewazeus.pw/tag/ayam-pilipin/
    https://dewazeus.pw/tag/manfaat-bawang-merah-bagi-ayam-aduan/

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  2. ===> BONUS NEW MEMBER <===

    DONACOPOKER merupakan online web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    pokerdonaco

    Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  3. PUNYA AKUN GOPAY TIDAK DIGUNAKAN ?
    DEPOSIT SAJA BERSAMA SITUS RESMI ZEUSBOLA,

    HANYA DENGAN 1 USERID BISA BERMAIN SELURUH PERMAINAN DENGAN AMAN DAN SANTAI DEPOSIT VIA GOPAY LOHHH !!


    DAFTAR SEKARANG DI ZEUSBOLA

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Deposit Via OVO


    Deposit Via Pulsa


    Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    ReplyDelete
  4. BONUS 10% SETIAP HARI

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di perutusan judi online yg berderajat International, resmi dan terpercaya hanya di http://104.248.148.252/.

    Juga Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man terhadap beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.
    http://134.209.98.69/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

    ReplyDelete
  5. Dapatkan Permainan Sportsbook Terbesar dan Terlengkap Bersama Winning303..
    SBOSports - iSports - CSports - OSports

    Dapatkan pertandingan paling update di dalamnya...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  6. Bermain judi online saat ini tidak menjadi hal yang tabu di Indonesia. Banyak orang mencoba beberapa jenis permainan di situs judi Indonesia, mulai dari taruhan bola, casino, togel, slot, sampai permainan poker.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Situs IDNPoker Deposit Pulsa Termurah
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  7. Poker Deposit Pulsa Potongan Kecil menjadi sebuah kabar baik bagi para penjudi yang telah menunggu sejak lama. Deposit Pulsa memang membuat penggemar permainan Poker online merasa penasaran.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Judi Deposit Pulsa
    Bandar66 Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  8. DEPOSIT BISA VIA PULSA!

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan kepada awal akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di perutusan judi online yg berkelas International, sah dan terpercaya hanya di judi deposit pulsa.

    Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.site/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.site/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.site/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    promo s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link alternatif zeusbola
    livechat zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  9. Permainan Sportsbook Paling Lengkap ada di Winning303
    SBOSports - iSports - CSports - OSports

    Dapatkan odds dan pertandingan paling update di dalamnya...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Menang Berapapun Akan Kami Bayar Bosku...!!

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  10. https://zeusbola.win/ Agen Resmi Dengan Winrate Tertinggi Hingga Game Terlengkap Di Indonesia.

    Menyediakan Transaksi Via :
    • All Bank Lokal Indonesia
    • PULSA ( Via Transfer Pulsa, M-Kios, Alfamart , Indomaret & Jasa Lainnya )
    • BTPN JENIUS
    • OVO
    • DANA
    • GOPAY
    • LINKAJA
    • SAKUKU
    • PAYPRO

    Deposit Pulsa Tanpa Potongan Hanya Tersedia Di ZEUSBOLA !!

    ➡ Minimal deposit Rp.25,000 s/d Rp.50,000
    ➡ Minimal WD/Tarik dana Rp.50,000
    ➡ Minimal Bet/ Taruhan Rp.10,000

    Kami Juga tersedia permainan lain nya seperti :

    ➡ BOLA / SBOBET,ICBET,CMD368, MAXBET, SONG88, UBOBET ⚽️⚽️
    ➡ Live Casino
    ➡ Slot Online
    ➡ Balap Tikus
    ➡ Tangkas Net
    ➡ SLOT JOKER GAMING ��
    ➡ POKER IDN PLAY ����

    Pelayanan Ramah Proses Super Cepat Tidak Perlu Pusing Lagi Hanya ZEUSBOLA. Anda Bisa Menghasilkan Uang/Keuntungan Dengan Cepat Tanpa HARUS KELUAR RUMAH !!!

    Whatsapp : http://wa.me/6281333555996
    Link Alternatif : https://zeusbola.win/

    #bandarjudionline #situsjudionline #bandardepositpulsa #judipulsa #slotpulsa #pokerpulsa

    ReplyDelete
  11. Kalah bermain judi? Tenang Anda tetap dapatkan bonus kekalahan 5% - 10% loh .. Jangan takut kalah karena Museumayam Agen Judi Online Terpopuler Indonesia memberikan anda bonus kekalahan !!
    menyediakan Taruhan Sepak Bola Casino Sabung Ayam Tangkas Togel Poker Online Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya.

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Agen Toto Macau
    Museumbola Joker123
    Sabung Ayam club388
    Museum Bola
    Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo

    Contact Resmi MuseumAyam --> [url]https://linktr.ee/museumbola[/url]
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  12. MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

    BURUAN JOIN YA BOSKU ^^
    WA : +62822-6793-2581

    SABUNG AYAM SV388
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    Berita Poker Online Terpercaya

    ReplyDelete
  13. Mainkan permainan Omaha Poker kini semakin seru dengan bonus mingguan hingga 0.5% setiap minggunya. Tersedia juga 8 permainan lainnya yang bisa anda mainkan dalam 1 Akun.

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit hanya IDR 10.000
    Museumpoker Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Pulsa

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete

  14. Suka bermain poker super bull?
    mari gabung bersama kami di Donaco Poker dapatkan permainan super bull terbaru bersama kami

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.3%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  15. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 AGEN TOGEL TERBAIK 2021

    Bingung cari situs online TERPERCAYA???
    Yuk sini gabung langsung bersama MBO128
    Menyediakan berbagai permainan Online

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    KONTAK : WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    ReplyDelete
  16. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Link Agen Judi Poker Online Terpercaya Deposit Pulsa

    Link Daftar Agen IDN Poker Terbaik dan Terpercaya 2021

    ReplyDelete
  17. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,us (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete

  18. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet
    proses depo wd secepat kilat ^^
    tunggu apa lagi silahkn registrasi dan bukti kan sendiri
    New member 10%
    Silahkan hub : WA :+62 812-2222-995

    ReplyDelete
  19. Winning303 , Tersedia Banyak Permainan menarik

    Kunjungi Result Togel Terupdate Saat ini

    RESULT TOGEL

    Info lengkap Silakan di add WA : 0877 8542 5244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  20. RESULT TOGEL

    Mari bergabung di Winning303

    Banyak permainan Menarik

    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  21. Daftar Bonus Terbesar Situs WINNING303

    Rekomendasi Best Slot Gacor PRAGMATIC Terbaru :
    • Wild West Gold
    • Aztec Gems
    • Gates of Olympus
    • Bonanza Gold

    Daftaran Sekarang juga bisa langsung Klik link berikut :
    Klik Review ==>Slot Peking Luck TRICK MAIN SLOT GACOR

    * Promo Pulsa Tanpa Potongan
    * Bonus New Member Slot 100%| Bonus Slot 50%| Bonus Slot 50% Joker|
    * Bonus Cash Back 5% - 10%
    * Bonus Mingguan 1%
    * Ayam Sv388 WinStrike 7x Beruntun (BONUS 100%)

    KONTAK :
    WhastApp: 087785425244

    Bonus Slot Gacor : NEW MEMBER 2021 BONUS 100% SLOT
    Bonus Deposit E-Wallet : Bonus 10.000 (Minimal Deposit 100.000)
    #AGENWINNING303 #WINNING303 #SLOTGACOR

    ==>Winning303 Slot Gacor
    ==>Winning303 Sabung Ayam Win Streak 100%

    ReplyDelete
  22. ZEUSBOLA Situs Judi Terlengkap dan Terpecaya..
    *Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  23. Result TOgel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    ReplyDelete
  24. Daftar Kesini YUKK!

    Bonus Rollingan dibagikan setiap minggunya.

    MUSEUMPOKER dan MUSEUMAYAM merupakan stius agen judi terpercaya yang menyediakan berbagai permainan menarik seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - Poker Online
    - Slot
    - Sabung Ayam

    Keduanya memiliki bonus dan cashback yang cukup menarik seperti :
    - Bonus Win 7x - 9x Beruntun Sabung Ayam
    - Bonus 7x Lose Beruntun Sabung Ayam
    - Cashback Mingguan Up To 10% Sabung Ayam dan Sportsbook
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.5%
    - Bonus Harian Poker, dan masih banyak lainnya.

    Minimal deposit adalah Rp 10.000,- dan Minimal withdraw adalah Rp 50.000,-

    Didukung oleh bank ternama dan E-Wallet di indonesia, guna mempermudah Anda untuk bertransaksi.

    Pelayanan MUSEUMPOKER tentunya 24 Jam NONSTOP melayani Anda semua ^^

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :
    WA : +62-8226-7932-581











    Bonus Ayam WIN 7X - 9X Beruntun
    Agen Poker Terbaik dan Terpercaya
    Judi Togel Terpercaya

    ReplyDelete